THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

best friend

Selasa, 04 Januari 2011

DASAR-DASR MICROSOFT EXCEL
Microsoft Excel adalah alat yang ampuh yang memungkinkan Anda untuk mengambil data dari worksheet dan posisi grafik dalam worksheet. Jenis grafik ini dikenal sebagai Embedded Chart.

Langkah pertama untuk menciptakan tabel Anda adalah untuk memilih data yang ingin Anda chart. Pastikan bahwa Anda memilih label untuk baris dan kolom. Jangan pilih data yang tidak valid, seperti sel-sel kosong atau sel-sel yang tidak Anda inginkan pada tabel Anda.

Sekali Anda telah memilih data langkah berikutnya adalah memilih jenis grafik yang Anda butuhkan. Microsoft Excel menyediakan berbagai macam jenis grafik seperti Area Chart, Bar Chart, Scatter Chart, Column Chart, Pie Chart, Piramida grafik dan banyak lagi. Untuk memilih jenis grafik yang berbeda Chart Jenis memilih tombol dan klik pada tanda panah bawah di sebelah kanan tombol untuk mengeluarkan Chart box drop down.

Excel dasarnya menciptakan sebuah bagan dari data dan grafik yang dipilih akan ditempatkan di atas data. Setelah tabel dibuat, tabel akan memiliki delapan menangani, yang pada dasarnya delapan kotak-kotak persegi kecil yang terletak di setiap tombol titik pada tabel.

Untuk memilih tabel, klik sekali pada tabel dengan tombol kiri mouse Anda. Untuk mengubah jenis grafik setiap saat, pilih grafik dan memilih jenis yang berbeda dari Jenis Chart tombol.

Bergerak dan Sizing sebuah Chart

Masalah terbesar dengan Microsoft Excel adalah bahwa ketika Anda membuat bagan itu tempat itu atas data. Microsoft memungkinkan Anda untuk memindahkan tabel. Untuk memindahkan tempat bagan pointer mouse Anda di atas bagan, tahan tombol kiri mouse Anda ke bawah dan tetap ditahan sementara anda menyeret diagram posisi yang diperlukan.

Untuk mengubah ukuran grafik, pertama klik sekali pada diagram dengan tombol kiri mouse. Ini akan mengaktifkan grafik dan kemudian gerakkan pointer mouse Anda ke salah satu dari delapan menangani hitam. Anda akan tahu kapan Anda lebih dari posisi yang tepat karena menangani akan berubah dari kiri panah menunjuk ke sebuah panah berkepala ganda. Kemudian tahan tombol kiri mouse Anda ke bawah saat Anda tarik pegangan ke ukuran yang dibutuhkan.

Jika Anda memilih menangani yang terletak di sudut tabel, Anda dapat mengatur kedua sisi tabel.

Menyimpan Embedded Chart

Menyimpan sebuah Chart Embedded tidak memerlukan tugas-tugas khusus yang harus dilakukan. Hanya menyimpan file seperti biasa dan bagan yang tertanam akan disimpan dengan data. Ketika Anda membuka lagi file tabel akan berada dalam posisi yang sama.
Mengubah Nama Tab Lembar Kerja
Ada beberapa cara untuk mengubah nama tab lembar kerja, antara lain:
1. Klik ganda tab lembar kerja yang ingin Anda ubah namanya. Kemudian tuliskan nama baru untuk lembar kerja tersebut dan tekan Enter.
2. Klik kanan tab lembar kerja pada bagian bawah dan pilih Rename.

Memberi Warna Tab Lembar Kerja
1. Klik kanan tab lembar kerja yang ingin Anda beri warna dan pilih Tab Color untuk memunculkan kotak Format Tab Color.
2. Klik warna yang Anda inginkan dan kemudian klik OK.

Menambah Lembar Kerja
Ada beberapa cara untuk menambah lembar kerja, antara lain:
1. Dari menu Insert klik perintah Worksheet. Excel akan menyisipkan lembar kerja yang baru.
2. Klik kanan salah satu lembar kerja untuk memunculkan menu Shortcut dan pilih Insert.

Menghapus Lembar Kerja
Ada beberapa cara untuk menghapus lembar kerja, antara lain:
1. Pilih lembar kerja yang ingin dihapus. Dari menu Edit klik perintah Delete Sheet.
2. Pilih lembar kerja yang ingin dihapus. Klik kanan untuk memunculkan menu Shortcut dan pilih Delete.

Memindahkan dan Menyalin Lembar Kerja
1. Pilih lembar kerja yang ingin Anda pindahkan atau salin. Jika Anda ingin memindahkan lembar kerja dari satu buku kerja ke buku kerja lainnya maka jangan lupa untuk membuka buku kerja tujuan.
2. Klik kanan tab lembar kerja yang ingin Anda salin atau pindahkan dan pilih Move or Copy Sheet untuk menampilkan kotak dialog Move or Copy.
3. Untuk memindahkan lembar kerja ke sebuah buku kerja berbeda, pilih nama buku kerja tersebut dari anak panah ke bawah daftar To Book.
4. Jika Anda ingin memindahkan atau menyalin lembar kerja ke sebuah buku baru pilih new book. MS Excel akan membuat buku kerja baru dan menyalin atau memindahkan lembar kerja ke dalam buku kerja tersebut.
5. Dalam kotak daftar Before Sheet, pilih lembar kerja yang urutannya akan terletak sesudah lembar kerja pindahan.
6. Untuk menyalin lembar kerja, aktifkan pilihan Create a Copy.
7. Klik OK. Lembar kerja yang sudah dipilih akan disalin atau dipindahkan sesuai dengan keinginan Anda.
Tip: Anda juga dapat menyalin atau memindahkan lembar kerja dalam sebuah buku kerja dengan menggunakan fasilitas drag dan drop. Tempatkan pointer mouse pada lembar kerja yang sudah dipilih, lalu klik dan geser tab lembar kerja tersebut ke tempat yang diinginkan. Untuk menyalin lembar kerja, tekan tombol Ctrl sambil menggeser. Lepaskan mouse, lembar kerja akan pindah atau disalin.

Mengganti Jumlah Default Lembar Kerja
1. Buka menu Tools dan pilih Options.
2. Pilih tab General dan masukkan jumlah lembar kerja yang diinginkan pada pilihan Sheets in New Workbook. Kemudian klik OK.

Memasukkan Data
• Tekan tombol TAB pada keyboard untuk memindahkan insertion point (kursor) satu sel ke sebelah kanan di baris yang sama.
• Tekan ENTER untuk memindahkan kursor satu sel ke bawah di kolom yang sama.
• Memasukkan tanggal: gunakan slash (/) atau atau tanda penghubung (-) untuk memisahkan bagian dari tanggal. Misalnya: 7/3/2008. Untuk memasukkan tanggal hari ini, tekan CTRL + ; (titik koma).
• Memasukkan jam: tekan spasi dan ketik "a" (untuk AM) atau "p" (untuk PM) setelah Anda mengetikkan jam. Misalnya: 9:00 p. Jika tidak, Excel akan memasukkan jam sebagai AM. Untuk memasukkan jam sekarang tekan CTRL + SHIFT + ; (titik koma).
• Memasukkan angka:
o Angka yang dimasukkan dengan tanda kurung (100) akan ditampilkan angka minus: -100. Anda dapat mengatur tampilannya dengan menekan CTRL + 1 untuk menampilkan kotak dialog Format Cells dan pilih tab Number. Pada Category pilih Number dan tentukan tampilan angka negatif yang Anda inginkan, klik OK bila sudah selesai.
o Untuk memasukkan pecahan, beri satu spasi antara angka dengan pecahan. Contoh: 1 1/5.
o Untuk memasukkan pecahan saja, masukkan angka nol terlebih dahulu. Contoh: 0 1/8.

sumber:www.john-company.com

0 komentar: